Pantai Anyer Wisata di Banten

Pantai Anyer Wisata di Banten
Pantai Anyer Wisata di Banten. Pantai anyer adalah sebuah lokasi wisata pantai yang terletak di bagian barat pulau Jawa. Tepatnya di kabupaten Serang, Banten. Pesisir pantai anyer ini menghadap ke barat dan terhubung dengan selat sunda. Daerah ini diberi nama anyer yang diambil dari kata ‘anyar’ atau yang berarti ‘baru’. Asal muasalnya, daerah ini pada tahun 1885 terkena efek letusan gunung krakatau yang dahsyat hingga hancur.

Lalu kemudian tempat ini didatangi dan dihuni oleh orang-orang baru dan diberi nama Anyer. Wisata pantai yang dapat kita kunjungi di wilayah anyer sangatlah banyak. Di sepanjang pesisir pantai anda dapat melihat berbagai macam pantai. Mulai dari pantai yang sederhana  yang hanya memakai saung di pinggir pantai dan dikelola oleh penduduk setempat hingga cottage, villa, hotel berbintang atau tempat wisata yang berfasilitas lengkap. 

Sebagai gambaran, di pantai anyer terdapat beberapa wisata pantai. Pantai sambolo, pantai marbella, pantai cibeureum, pantai marina, pantai pasir putih adalah beberapa wisata pantai yang terdapat di lokasi wisata pantai anyer.

Tiket masuk untuk setiap pantai berbeda-beda umumnya berkisar antara Rp 15.000 hingga Rp 25.000 untuk kendaraan roda dua, Rp 50.000 hingga Rp 100.000 untuk mobil pribadi dan Rp 250.000 hingga Rp 500.000 untuk bus dan mini bus.

Di pantai yang dikelola oleh warga sekitar biasanya disediakan saung untuk disewakan. Harga sewanya sekitar Rp 50.000 untuk satu saung. Dibeberapa pantai juga disediakan wisata air seperti banana boat, jet ski, dan surfing. Untuk banana boat biasanya dipatok sekitar Rp 25.000/orang, jet ski sekitar Rp 100.000/30 menit dan Rp 10.000 untuk penyewaan papan surfing dari fiber.

Jika anda ingin berenang, biasanya  juga ada penyewaan ban pelampung  yang harga penyewaannya sekitar Rp 10.000. Jika lelah bermain di air atau sedang tidak ingin bermain air, beberapa pantai menyediakan penyewaan ATV (All-Terrain Vehicle) yang harga sewanya sekitar Rp 50.000/15 menit. 

Di lokasi wisata pantai Anyer, anda dapat membawa sendiri bekal makanan anda dan menyantapnya bersama-sama, bahkan di beberapa pantai anda dapat membeli  ikan atau sea food mentah lain lalu memanggangnya sendiri.

Jangan takut jika anda tidak membawa bekal makanan karena di lokasi wisata terdapat warung-warung atau rumah makan yang menyediakan berbagai macam makanan. Mulai dari mie instan hingga sea food siap santap. Harganya pun bervariasi, tetapi ada baiknya anda bertanya dahulu mengenai harga yang ditawarkan oleh penjual karena biasanya beberapa warung makan tidak menyertakan harga pada daftar menu mereka.

Ada juga pedagang-pedagang camilan keliling seperti otak-otak dan emping yang dapat memuaskan hasrat ngemil anda. Buat anda yang suka akan seni, hampir di seluruh pantai biasanya terdapat tukang tato temporer yang menawarkan jasanya dengan harga bervariasi dari Rp 20.000- Rp 100.000. Di lokasi wisata pantai anyer juga terdapat sebuah mercusuar dimana anda dapat naik ke atas dan melihat keindahan lokasi wisata pantai anyer serta gunung anak krakatau dari atas mercusuar.
Pantai Anyer Wisata di Banten
Untuk mencapai wisata lokasi pantai Anyer ini tidaklah sulit. Dari Jakarta atau Tangerang, anda dapat menggunakan Jalan tol Jakarta-Merak menuju Cilegon. Di kota Cilegon akan anda papan petunjuk menuju Anyer. Jika anda naik kendaraan roda dua, anda dapat menuju Cilegon melewati Serang. Ada pula jalur alternatif menuju Anyer melewati Ciomas, Padarincang atau melewati Mancak. Namun jalur alternatif tersebut tidak saya rekomendasikan untuk dilewati malam hari.

Jika anda berencana menginap, di lokasi wisata pantai anyer ini terdapat berbagai macam jenis penginapan. Mulai dari hotel berbintang, cottage, villa, hingga guest house. Range harga nya pun bermacam-macam. Anda dapat menyesuaikan kebutuhan anda dengan budget yang anda miliki. Letaknya yang mudah dijangkau serta fasilitas yang memadai dan harga yang terjangkau, membuat wisata pantai Anyer menjadi salah satu lokasi wisata pantai yang banyak diminati untuk melepas kepenatan. 

0 Response to "Pantai Anyer Wisata di Banten"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel